Ini Alasannya Kenapa Kakak Lebih Pintar Dibanding Adiknya


Penelitian membuktikan hal ini lho!
Bicara soal anak ke berapa yang lebih pintar dalam keluarga, jawabannya mungkin relatif. Bahkan pada awalnya, para ahli tidak sependapat mengenai bagaimana urutan kelahiran bisa memengaruhi intelektualitas dan pencapaian prestasi anak.
Namun, penelitian demi penelitian semakin memperkuat pernyataan bahwa anak pertamalah yang ternyata paling pintar dan cenderung lebih sukses.

anak pertama lebih cerdas dan sukses
Berdasarkan laporan yang termuat dalam jurnal Science, anak sulung atau anak yang kehilangan saudara tertua sehingga menjadikannya anak sulung, ternyata memiliki IQ lebih tinggi dibanding saudaranya. Mereka juga mencatat skor lebih tinggi dalam tes intelejen.
Anak sulung dianggap paling ambisius dibanding saudaranya yang lain, terutama dalam hal pendidikan dan kesuksesan.
Kira-kira, apa ya yang jadi alasannya?
Berikut ini beberapa simpulan teori dan penelitian mengenai kecerdasan si anak sulung:

Anak Sulung Mendapatkan Perhatian dan Pola Asuh yang Lebih Baik


kasih sayang si sulung takterbagi
Penelitian yang dilakukan oleh Institut Nasional Kesehatan di Oslo pada 250.000 tentara Norwegia menyatakan bahwa anak tertua mendapat perhatian serius dari orangtuanya sejak dini.
Meskipun ada penelitian yang menyebut bahwa setelah kehamilan pertama tubuh ibu akan menghasilkan antibodi yang semakin menurun dan bisa merusak otak bayi, namun peneliti berkesimpulan bahwa faktor sosial mengambil peran lebih penting dibanding posisi biologis anak.
Apalagi, dilihat dari kerangka kemungkinan, jika kamu memiliki satu anak, maka perhatian akan tertumpah seluruhnya padanya. Jika memiliki dua anak, maka perhatian pun terbagi dua, dan begitu seterusnya.

Anak Sulung "Tertuntut" Menjadi Contoh Bagi Adiknya


kakak akan "mengajarkan" adiknya
Harapan orangtua yang besar pada anak pertamanya membuat mereka memberikan pola asuh yang lebih baik. Inilah yang berikutnya disebut menanamkan "budaya intelektua"l pada anak.
Menurut peneliti dari Institut Penelitian Sosial dan Psikiatri di University of California, Amerika Serikat, anak sulung jadi lebih pintar karena mereka dididik lebih bertanggung jawab untuk mengajarkan sesuatu bagi adik-adiknya.
Ini membuatnya berperan lebih besar sebagai seorang kakak yang matang dan memiliki disiplin lebih tinggi.

Anak Sulung Lebih Memandang Positif Persaingan


tiap anak bersaing secara berbeda
Berangkat dari teori evolusi, secara alami setiap anak akan bersaing mencari perhatian dari orangtuanya. Namun, ini dilakukan secara berbeda oleh anak pertama. 
Jika yang lebih kecil meminta perhatian untuk dimanjakan, maka anak sulung akan bersaing secara tangguh dan lebih terbuka. Sejak kecil, umumnya si sulung akan diberi pengertian serta contoh yang baik mengenai kasih sayang pada adiknya, yang mungkin dianggapnya sebagai saingan.
Seiring pertumbuhannya, anak sulung akan lebih mudah terpicu motivasinya ketika berhadapan dengan saingan, tanpa menganggapnya sebagai gangguan. Mereka juga terbiasa bersaing secara sehat, dan lebih pintar memanfaatkan peluang.
Nah Gladis, terbukti kan apa yang membuat anak pertama cenderung lebih sukses dibanding adik-adiknya. Oleh karena itu, terapkan juga pola didik anak pertama pada anak-anakmu yang berikutnya agar mereka meraih kesuksesan layaknya sang kakak!



(sumber)