Di Desa Ini Vespa Mania Seluruh Dunia Berkumpul dan Berbagi Cerita



Ribuan Vespa mania dari 21 negara memadati Hasselt, sebuah desa Flemish di Belgia untuk merayakan Vespa World Days. Perayaan terseut merupakan reli besar tahunan yang memanggil dan mengumpulkan klub Vespa dari seluruh dunia.

Sebanyak kurang lebih 2.300 pengendara tiba di Hasselt memajang Vespa mereka dari segala era, baik klasik maupun modern. Dari ribuan cerita yang menemani pengendara menjalani ratusan, bahkan ribuan kilometer dari rumah, satu hal yang menonjol adalah warisan akan hasrat mereka terhadap Vespa yang melampaui generasi.

Tidak cuma Vespa tua dan modern, tapi di ajang tersebut datang dari beragam usia, ada pengendara Vespa uzur berumur 74 tahun asal Belgia dan Belanda yang lahir pada 1929 dan partisipan termuda, seorang perempuan asal Yunani dan lelaki asal Jerman yang lahir di tahun 2003.

Di kesempatan yang sama Walikota Hasselt turut meresmikan Desa Vespa yang terletak di tengah kota Flemish, yang merupakan titik temu dan jantung acara Vespa. Acara pesta Vespa ini sendiri akan terus berlangsung hingga hari Minggu.

Klub Vespa dari Belgia memimpin reli, sebuah tradisi mengharuskan klub dari negara penyelenggara untuk bertanggung jawab terhadap acara acara outing Vespa yang diselenggarakan di seluruh wilayah. Di pagi hari karavan dengan jumlah besar dari pengendara Vespa, tanpa memperdulikan hujan, mereka berangkat di sekitar sirkuit Zolder, jalur tempat diadakannya Formula 1 pada tahun 1980an.

Di siang hari gerbang dibuka, dan lebih dari 2.000 Vespa diijinkan masuk, lalu melakukan dua putaran yang menyenangkan dan tak terlupakan. Siang hariya dilanjutkan dengan outing dengan tema yang berbeda, dalam pencarian untuk rasa, dan warna dari wilayah Hasselt.

Akhir minggu di Belgia ini merupakan edisi ketujuh dari Vespa World Days, acara yang sejak tahun 2006 bertempat di reli Eurovespa yang penuh sejarah, edisi pertama diadakan di tahun 1955.

Klub Vespa mulai berdiri sejak tahun 1946, sesuai dengan tahun kelahiran dari skuter yang paling terkenal dan dicintai di seluruh dunia, dengan lebih dari 18 juta unit yang sudah beredar di 5 benua.

Klub Vespa pertama didirikan di Italia, tapi segera menyebar. Dengan sejarah lebih dari 6 dekade, membuat hasrat dan pertemanan yang pada tahun 2006 -- bersamaan dengan ulang tahun vespa yang ke-60 -- akhirnya menggiring berdirinya Klub Vespa Dunia, yang sekarang ini mengatur koordinasi dan promosi untuk organisasi Vespa di seluruh dunia.

Saat ini, ada 40 Klub Vespa Nasional yang tergabung dengan Klub Vespa Dunia dan lebih dari 780 klub vespa lokal terdaftar, dengan total member lebih dari 40.000 di seluruh dunia.(kpl/nzr/abe)