Siapa Anggun C. Sasmi ?


PENYANYI kelahiran Indonesia Anggun C Sasmi seperti diberitakan Le Parisien, melakukan aksi demonstrasi di Paris, Prancis menolak eksekusi terhadap warga negara Prancis Serge Atlaoui, terpidana mati kasus narkoba, Sabtu (25/4/2015). Anggun juga menulis kepada Presiden RI Joko Widodo untuk memberikan grasi kepada Atlaoui. Siapa Anggun?




Dikutip dari wikipedia, Anggun Cipta Sasmi (lahir di Jakarta, 29 April 1974; umur 40 tahun; lebih dikenal sebagai Anggun) adalah penyanyi Indonesiayang saat ini telah memiliki kewarganegaraan Prancis.

Ia merupakan putri dari Darto Singo, seorang seniman berdarah Jawa, dan Dien Herdina, seorang perempuan yang masih kerabat Keraton Yogyakarta. Ia mengawali kariernya dengan tampil di panggung Ancol pada usia tujuh tahun, lalu merekam album anak-anak dua tahun kemudian.

Di bawah bimbingan musisi Ian Antono, Anggun merekam album studio pertamanya di Indonesia berjudul Dunia Aku Punya pada tahun 1986. Namun, namanya baru melambung setelah merilis singel berjudul “Mimpi” pada tahun 1989. Pada usia yang masih belia, Anggun telah berhasil meraih kesuksesan sebagai penyanyi rock di Indonesia dengan diraihnya penghargaan “Artis Indonesia Terpopuler 1990-1991″.

Pada tahun 1994, Anggun meninggalkan Indonesia untuk mewujudkan impiannya menjadi artis bertaraf internasional. Dengan bantuan Erick Benzi, seorang produser besar Prancis, ia berhasil merekam album internasional pertamanya berjudul Snow on the Sahara.

Soal kewarganegaraannya yang dipertanyakan sejumlah pengguna jejaring sosial, sejak beberapa tahun lalu, Anggun pindah kewarganegaraan menjadi warga negara Prancis mengikuti jejak suaminya, Cyril Montana. Keraguan itu ditanggapi oleh penyanyi yang terkenal sejak akhir 80-an tersebut. “Buat yg masih ragu saya org Indonesia apa bukan, tanya saja sama orang tua & adik2 saya, pasti jawabnya, “Kita orang Jawa :)” #PlisDeh, “cuit Anggun.

Anggun mengomentari perdebatan yang menurut dia tidak penting. “When u hear a song do u ask yourselves what nationality does this piece of music come from? How about: who cares? Only quality counts!”

Anggun meminta para penggemarnya tidak membuat keributan. “Untuk fans2ku atau yg mengaku jd fansku atau yg membawa namaku, tolong jaga sikap kalian, jgn suka mancing2 utk twitwar #SpreadLoveNotHate,” cuit Anggun.

Meski sudah menjelaskan asal usulnya, Anggun masih merasa tidak nyaman. “Ingatkah anda saat Presiden Obama dipertanyakan asal usul, kelahiran dan darahnya? Sekarang saya merasakan yg sama :)” cuit Anggun di akun Twitternya, seperti disiarkan Tempo.Co.

Ibu dari Kirana Cipta Montana Sasmi itu merasa selama ini selalu membawa nama Indonesia meski telah menjadi warga negara Prancis mengikuti suaminya. Dalam setiap penampilannya Anggun selalu melakukan gerak tarian melalui jemari dan tubuhnya, khas tarian daerah Indonesia.

Dalam akun Twitternya pula, Anggun mengunggah kalimat bijak dari penulis klasik, Mark Twain. “Never argue with stupid people, they will drag you down to their level and then beat you with experience,” tulis di Twitter. [](sumber)