Mobil Lawas Produksi Sebelum PD II Ditemukan di Lumbung...Bikin Bengong Bro....!!


Seorang kolektor mobil klasik, Antonio Brunet, menemukan lima kendaraan lawas yang beberapa di antaranya diproduksi sebelum Perang Dunia II. Mobil-mobil tersebut ditemukan di dalam sebuah lumbung pertanian di Austin, Texas, Amerika Serikat.



Pria yang juga pimpinan Rumah Lelang Motostalgia itu pun bersedia memfasilitasi pemilik untuk melelang mobil-mobil lawasnya itu. Diperkirakan mobil yang belum tersentuh tangan sejak puluhan tahun lalu itu bernilai lebih dari USD700 ribu atau sekira Rp9,1 miliar.

Seorang pria Texas bernama Jack diketahui sebagai pemiliknya. Ia pindah ke Wisconsin pada 1970-an dan sejak itu sudah tidak mengurusi mobil-mobilnya lagi.

"Membuka pintu (lumbung) melihat mobil-mobil itu masih diselimuti debu. Tidak tersentuh selama bertahun-tahun. Ini seperti di mesin waktu,” ungkap Brunet seperti dikutip dari Daily Mail.

Tiga dari mobil tersebut adalah model Cadillac produksi antara 1932 hingga 1938, sebuah mobil listrik produksi 1923, dan REO Model G Boattail Roadster model 1908.

Menurut Brunet, sebelum ditinggal, lima mobil itu diparkir rapi di dalam lumbung. Jack berencana kembali lagi ke Texas untuk mengurusnya. Namun, ia tidak ada waktu untuk menengok sehingga memutuskan untuk menjualnya.

Hal yang membuat mobil-mobil tersebut begitu bernilai adalah fungsinya yang kini bukan lagi sebagai alat transportasi, tapi sebagai barang koleksi.

Salah satu mobil, Cadillac 370V V-12 Convertible akan dilelang pada 12 Juni di Indianapolis Motor Speedway. Harganya ditaksir mencapai USD350 ribu atau sekira Rp4,5 miliar. Dua Cadillac lainnya yakni 370C V-12 Town Coupe 1933 dan Series 90 V-16 Fletwood Lomousine diperkirakan laku masing-masing USD75 ribu (Rp977 juta) dan USD65 ribu (Rp847 juta).

Sedangkan sebuah Milburn Electric Model 27L diperkirakan laris antara USD90 ribu dan USD125 ribu (Rp1,1 miliar-Rp1,6 miliar) dan mobil paling tua REO G Baottail Roadster 1908 ditaksir laku USD75 ribu-USD95 ribu.

(ton)