Ini Alasan Kenapa Huruf di Keyboard Diacak


Pastinya Anda dalam hati memiliki pertanyaan kenapa huruf pada keyboard atau keypad smartphone diacak dan tidak urut abjad saja. Ternyata ada alasan tersendiri kenapa huruf di keyboard dibuat seperti itu.

Dilansir dari The Guardian, sejarah mengatakan bahwa pada jaman dulu tuts keyboard pada mesin ketik dibuat berurutan. Penemu mesin ketik, Christopher Latham Sholes membuat tuts menjadi lebih sederhana agar orang tidak susah mengoperasikannya.

Ini Alasan Kenapa Huruf di Keyboard Diacak

Awalnya memudahkan dan membuat orang bekerja cepat, tetapi memiliki resiko tersendiri di mana tangkai huruf seringkali nyangkut sehingga banyak salah ketik atau terkadang mesin macet karena sering nyangkut tadi.

Pada tahun 1873, ilmuwan bernama E Remington pun mencoba mencari solusi untuk mengatasi macet pada mesin ketik tadi. Dia tercetus untuk mengacak abjad dan menjadikan QWERTY seperti yang Anda kenal sekarang ini.

Walau awalnya merasa sulit, tetapi ide tersebut berhasil dan kerusakan pada mesin ketik pun teratasi. Hingga kini, tuts QWERTY ini tetap dipertahankan dan dipakai hingga sekarang.
(sumber)