Gille Bro....Kendaraan Roda Dua Ini Bisa Melaju 725 Km/Jam


Kendaraan roda dua, JetReaction, tengah disiapkan untuk memecahkan rekor kecepatan di darat tahun ini.



Kecepatannya bisa mencapai 645 kilometer per jam, namun bisa dimaksimalkan lagi hingga 725 km/jam. Jika kecepatan tersebut berhasil dicapai maka JetReaction akan menjadi kendaraan roda dua tercepat di dunia.

Desainnya dibuat seperti peluru atau rudal untuk meningkatkan sisi aerodinamis. Terdapat kabin kecil untuk seorang pengendara. Akses keluar-masuk melalui pintu atas seperti pada pesawat tempur atau mobil Formula 1.

JetReaction dibangun dengan dua tipe yakni roda dua dan tiga. Untuk versi roda dua, saat kendaraan berhenti ada roda penyeimbang di sisi kiri dan kanan. Namun saat JetReaction melaju, roda akan terangkat seperti pada pesawat.

Tim dari Oxford berharap JetReaction bisa melaju sesuai harapan di upaya pemecahan rekor yang akan digelar di Bonneville Salt Flats, Utah, Amerika Serikat, pada September 2015.

Tim juga akan menguji kendaraan senilai USD156 ribu atau sekira Rp2 miliar ini di Wales pada 23 dan 25 Mei.

JetReaction sendiri akan dikendarai oleh ahli mesin dari Oxford yang juga pembuatnya yakni Richard Brown (50). Ia membutuhkan waktu empat tahun untuk mendesain dan membangun JetReaction. Demikian seperti dikutip dari Daily Mail, Rabu (13/5/2015).

Kendaraan sepanjang 6,1 meter dan berbobot 560 kilogram tersebut juga menggunakan mesin turboshaft yang lazin digunakan pada helikopter. Tenaga yang dikeluarkan setara 1.250 HP. Untuk mendesainnya, tim dari Universitas Huddersfield juga dilibatkan.

Kendaraan ini diproduksi untuk memecahkan rekor kendaraan roda dua yang dikemudikan oleh seorang warga Amerika Serikat Rocky Robinson pada 2010. Kecepatannya saat itu mencapai 605,697 km/jam.

(ton)