Jumlah Mobil Avanza di Indonesia Ternyata ada Segini


Mobil berkapasitas luas dengan harga terjangkau seperti halnya Low MPV (Multi Purpose Vehicle) memang menjadi berkah tersendiri bagi para Agen Tunggal Pemegang Merek di Indonesia.




Hal ini pun dirasakan perusahaan otomotif Toyota di Indonesia, melalui PT Toyota Astra Motor (TAM) yang menjual mobil Low MPV andalannya, Toyota Avanza.

Menurut General Manager (GM) Corporate Planning and Public Relation PT TAM, Widyawati Soedigdo, sejak Avanza diluncurkan pertama kalinya di Indonesia, bahkan dunia pada 2003, Avanza bisa disebut menjadi produk yang fenomenal.

Widyawati juga menyatakan, lebih dari 12 tahun melakoni debutnya, hingga kini populasi Avanza mencapai 1.308.183 unit.

"Bahkan, jumlah ini mungkin sudah mampu membentuk negara sendiri," kelakar Widyawati kepada wartawan di Epicentrum Walk, Kuningan, Jakarta, Kamis 30 April 2015.

Widyawati pun menyatakan, sejak Avanza hadir pertama kali, penjualan mobil yang dijuluki Mobil "Sejuta Umat" ini berhasil terjual di luar prediksi.

"Dulu, generasi pertama Avanza kita tergetkan hanya 2.500 unit. Ternyata, generasi pertama sukses rata-rata penjualan lebih dari 10 ribu unit. Di tahun berikutnya, generasi kedua target kita naikkan, tetapi penjualannya tetap di atas 10 ribu unit," kata dia.

Untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan, dalam beberapa tahun belakangan ini, Avanza melakukan beragam penyegaran ringan maupun menyeluruh.

Bahkan, kata Widyawati, untuk melakukan berbagai improvment pada Avanza, Toyota tak lantas langsung berinisiatif melakukan perubahan, melainkan beberapa penyegaran datang dari mulut konsumen Avanza itu sendiri.

"Pada Maret lalu, penjualan Avanza mencapai 13.120 unit, dengan market share mencapai 52,6 persen," kata dia. (asp)